Mau Beli Rumah Full Furnished atau Kosong? Yuks Hitung Bersama!

Membeli rumah merupakan salah satu hal yang penting bagi setiap orang. Oleh karenanya, banyak hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membeli sebuah rumah. Anda harus memikirkan lokasi rumah, harga rumah, maupun bangunan dari rumah yang akan Anda beli. Sebagian orang menjual rumah lengkap dengan furniturenya agar pemiliknya bisa lebih praktis ketika menggunakannya. Namun, banyak pembeli atau penyewa rumah yang lebih senang untuk membeli rumah kosong.


Keuntungan dan Kerugian Membeli Rumah Full Furnished dan Rumah Kosong

Masing-masing dari rumah full furnished dan rumah kosong memiliki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri. Mulai dari harga rumah yang ditawarkan hingga ketersediaan furniture akan mempengaruhi kehidupan Anda selama tinggal di rumah tersebut. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah full furnished atau kosong, simak penjelasan berikut ini.

1. Rumah Full Furnished

Rumah atau hunian full furnished akan membuat penyewa atau pembeli rumah menjadi lebih praktis. Terkadang, banyak orang yang lebih suka untuk membeli rumah full furnished karena tidak perlu melengkapi rumahnya dengan perabotan yang cukup merepotkan.

Rumah yang disewakan lengkap dengan furniturenya memang terlihat nyaman dan menguntungkan bagi penyewa. Penyewa akan mendapatkan kepraktisan karena dalam sekali bayar sewa atau bayar rumah, ia sudah bisa tinggal di sebuah rumah yang lengkap tanpa harus berbelanja furniture ini dan itu.

Namun, ternyata banyak juga pemilik properti yang memberikan beberapa aturan khusus kepada pihak penyewa rumah. Pemilik rumah biasanya tidak mengizinkan penyewa rumah untuk mengubah tata letak dari furniture yang telah disediakan. Jadi mau tidak mau, pihak penyewa rumah harus setuju dengan tatanan furniture yang telah dipasang oleh pihak penyewa rumah.

Hal yang demikian ini terkadang akan membuat pihak penyewa rumah menjadi tidak nyaman. Mereka lebih senang untuk mengatur ruangannya sendiri. Tinggal di rumah baru full furnished bisa saja membuat penyewa rumah seolah-olah sedang tidak tinggal di dalam rumahnya sendiri. Maka nantinya, penyewa rumah pun akan merasa tidak nyaman

2. Rumah Kosong

Jika dibandingkan dengan rumah yang full furnished, harga rumah kosong pastinya jauh lebih murah. Namun, pemilik rumah tentunya tidak akan membuat dan membiarkan rumahnya kosong. Pemilik rumah pastinya akan melakukan beberapa variasi untuk membuat rumahnya menjadi nyaman

Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan memberikannya furniture. Beruntungnya, Anda yang menyewa atau membeli rumah kosong bisa mengisi furniture sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bebas untuk meletakkan dan menata furniture di tempat yang menurut Anda benar

Kekurangannya hanya satu, Anda harus menyediakan biaya lebih untuk membeli furniture-furniture yang Anda butuhkan. Padahal, harga furniture di jaman sekarang tidaklah murah. Anda membutuhkan dana yang lumayan banyak untuk membeli furniture dalam kebutuhan memenuhi rumah kosong yang Anda beli atau sewa. Belum lagi, Anda akan mengeluarkan biaya angkut furniture ke rumah baru Anda.

Membeli rumah full furnished atau kosong sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jika Anda memiliki furniture yang sudah lengkap, ada baiknya bagi Anda untuk memilih rumah kosong saja. Anda bisa menempatkan furniture yang Anda miliki nantinya di rumah yang Anda beli atau sewa. Jadi, Anda tidak akan membutuhkan banyak uang untuk membeli furniture yang baru.

Namun jika Anda memang belum memiliki furniture sama sekali dan Anda membutuhkannya, Anda bisa memilih untuk menyewa rumah full furnished. Meskipun harga yang dipasang sudah mahal, namun Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli furniture baru.